cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknik Industri
ISSN : 14126869     EISSN : 24604038     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Ilmiah Teknik Industri is a scientific journal that aims to participate in developing the scientific field of Industrial Engineering, contains the results of research and theoretical study from lecturers, researchers and industry practitioners. Jurnal Ilmiah Teknik Industri is administered by the Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta and published by the Muhammadiyah University Press (MUP).
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 3, No. 2, Desember 2004" : 4 Documents clear
Penentuan Jenis Produk Tegel Sesuai Keinginan Konsumen Dengan Conjoint Analysis (Kasus di Perusahaan Tegel Lancar Kerja Sragen) Suranto, Suranto; Nandiroh, Siti; Hadi, Yuswan
Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 3, No. 2, Desember 2004
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/jiti.v3i2.3367

Abstract

Analisis Conjoint  digunakan     untuk    menentukan     tingkat    kepentingan      relatif berdasarkan    presepsi    konsumen    dan   nilai   kegunaan   yang   muncul   dari   atribut-atribut produk      terkait.      Untuk     menentukan       strategi,      analisis      conjoint  secara      spesifik merencanakan      segmentasi     pasar    berdasarkan     preferensi     konsumen     terhadap    atribut produk    yang   dipilihnya.     Tujuan   penelitian     ini  mengetahui     keinginan    konsumen    akan produk    tegel  yang   diproduksi    sehingga    dapat   diambil   sebagai   segmentasi    pasar,   serta mengintegrasikan     seluruh   keinginan   konsumen   kedalam   satu  produk.   Manfaat   penelitian ini   memberikan     informasi     tentang    kebutuhan    yang   diharapkan     oleh   sebagian     besar konsumen    dan  menentukan    tingkat   kepentingan    relatif   dari  atribut-atribut     pada   proses pemilihan    yang   dilakukan.    Me/ode   pengumpulan     data   dengan    observasi    ke  lapangan, wawancara,    kuesioncr,    dengan  jumlah    responden   sebanyak    40  orang  dan  diuji  dengan uji  Validitas   dan   Reliabilitas.     Implemen  tasi     analisis    conjoint    dengan   sofware    SPSS Berdasarkan     perhitungan     yang      dilakukan    dengan    analisis    conjoint    diperoleh     hasil responden     menganggap     bahwa    tege!   yang    diinginkan    paling    disukai    karena   faktor bentuk.   Adapun   faktor    bentuk   lege!  28.28%  (dengan   subfaktor    lebar   75% dan  standar 25%),  corak  24.88% (dengan   sufaktor   motif   70% dan  polos   30%), faktor   harga   24.68 % (dengan   subfaktor   murah   40%,   sedang   55%,  mahal  5%), dan  terakhir   adalah   ketebalan 22.17  % (dengan   sufaktor   teba!    63%,   medium   30%,  dan  tipis   7%). Dengan   demikian produk   lege! yang  diproduksi   mempunyai    spesifikasi   yang  standar   lebar  30x30  em,  corak yang   bermotif,   tebal  2 em, dan  mempunyai   kisaran  harga  p.  13.000  -  Rp.  J 5.000/m3
Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Skala Guttman (Kasus Pengguna Motor Sanex Jenis Bebek di Kecamatan Juwiring) Suranto, Suranto; Musrofi, Muhammad; Widodo, Agung
Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 3, No. 2, Desember 2004
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/jiti.v3i2.3368

Abstract

Tujuan   dalam   penelitian     ini  adalah   mengidentifikasi     dan   mengetahui     tanggapan    sikap kepuasan    konsumen    terhadap   kondisi   motor  Sanex  serta  membuktikan     opini  masyarakat apakah    benar,   motor   Sanex   tidak   handal.   Metode    yang   digunakan    angket,    observasi. dokumentasi,      studi    pus taka    dan    wawancara.     !vietode    analisis     butir    angket    yang digunakan     adalah    validitas    dan   reliabilitas.    Analisis    kepuasan    dengan    menggunakan skala   guttman,    yaitu   metode   scalogram    atau  analisa   skala   (scale  analisis)   sangat    baik untuk   meyakinkan    peneliti    tentang   kesatuan   dimensi   dari  sikap   atau  sifat  yang   diteliti, yang  disebut   isi universal    (universe   ofcontent)    atau  atribut  universal   (universe   attribute). Berdasarkan    hasil  penelitian    dari  J 5 butir  angket   dan  37  responden    (populasi),    obyek  di kecamatan    Juwiring    Klaten,   bahwa  dinyatakan    J 3 butir  valid  dan  reliabel. Berdasarkan analisis    atribut   yang   dianggap    penting    oleh  para    responden    sesuai   prioritas     adalah kelengkapan    produk    8.05%,   kenyamanan     7.74%,   daya   tahan   7.14%.  akselerasi     7.35%. responsivitas     7.91%,  performa    produk 7.98%.      design  produk 7.42%.     speare  paris   7.14%, harga   beli  8.68%.   harga  puma   jual   7.35%.  mengikuti    ternd   7.63%.   wama    7.28%.     dan iril bahan   bakar  8.33%.   Terdapat   5 atribut  yang  masuk  dalam  kategori   sikap  sangat  puas yaitu   kelengkapan    produk,    responsivitas,    performa   produk, harga   beli,  irit  bahan   bakar. Sedangkan    untuk  atribut   yang   masuk   da/am  kategori   sikap  puas   ada  delapan   ( 8 ) yaitu kenyamanan,     daya   tahan,   akselerasi,    design   produk,    speare   parts,    harga   puma    jual, mengikuti     trend   dan   warna.   Dari   hasil   penelitian     tentang    sikap   kepuasan    pengguna motor   Sanex   di  daerah   Juwiring    Klaten   dapat   ditarik   kesimpulan     bahwa  persepsi    a/au opini   masyarakat     bahwa   motor   Sanex   tidak  handal   tidak   terbukti,   dalam   artian   bahwa motor  Sanex  mempunyai    beberapa   kelebihan   dan  mempunyai    beberapa   kekurangan.
Penentuan Jenis Produk Tegel Sesuai Keinginan Konsumen Dengan Conjoint Analysis (Kasus di Perusahaan Tegel Lancar Kerja Sragen) Suranto Suranto; Siti Nandiroh; Yuswan Hadi
Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 3, No. 2, Desember 2004
Publisher : Department of Industrial Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/jiti.v3i2.3367

Abstract

Analisis Conjoint  digunakan     untuk    menentukan     tingkat    kepentingan      relatif berdasarkan    presepsi    konsumen    dan   nilai   kegunaan   yang   muncul   dari   atribut-atribut produk      terkait.      Untuk     menentukan       strategi,      analisis      conjoint  secara      spesifik merencanakan      segmentasi     pasar    berdasarkan     preferensi     konsumen     terhadap    atribut produk    yang   dipilihnya.     Tujuan   penelitian     ini  mengetahui     keinginan    konsumen    akan produk    tegel  yang   diproduksi    sehingga    dapat   diambil   sebagai   segmentasi    pasar,   serta mengintegrasikan     seluruh   keinginan   konsumen   kedalam   satu  produk.   Manfaat   penelitian ini   memberikan     informasi     tentang    kebutuhan    yang   diharapkan     oleh   sebagian     besar konsumen    dan  menentukan    tingkat   kepentingan    relatif   dari  atribut-atribut     pada   proses pemilihan    yang   dilakukan.    Me/ode   pengumpulan     data   dengan    observasi    ke  lapangan, wawancara,    kuesioncr,    dengan  jumlah    responden   sebanyak    40  orang  dan  diuji  dengan uji  Validitas   dan   Reliabilitas.     Implemen  tasi     analisis    conjoint    dengan   sofware    SPSS Berdasarkan     perhitungan     yang      dilakukan    dengan    analisis    conjoint    diperoleh     hasil responden     menganggap     bahwa    tege!   yang    diinginkan    paling    disukai    karena   faktor bentuk.   Adapun   faktor    bentuk   lege!  28.28%  (dengan   subfaktor    lebar   75% dan  standar 25%),  corak  24.88% (dengan   sufaktor   motif   70% dan  polos   30%), faktor   harga   24.68 % (dengan   subfaktor   murah   40%,   sedang   55%,  mahal  5%), dan  terakhir   adalah   ketebalan 22.17  % (dengan   sufaktor   teba!    63%,   medium   30%,  dan  tipis   7%). Dengan   demikian produk   lege! yang  diproduksi   mempunyai    spesifikasi   yang  standar   lebar  30x30  em,  corak yang   bermotif,   tebal  2 em, dan  mempunyai   kisaran  harga  p.  13.000  -  Rp.  J 5.000/m3
Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Skala Guttman (Kasus Pengguna Motor Sanex Jenis Bebek di Kecamatan Juwiring) Suranto Suranto; Muhammad Musrofi; Agung Widodo
Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 3, No. 2, Desember 2004
Publisher : Department of Industrial Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/jiti.v3i2.3368

Abstract

Tujuan   dalam   penelitian     ini  adalah   mengidentifikasi     dan   mengetahui     tanggapan    sikap kepuasan    konsumen    terhadap   kondisi   motor  Sanex  serta  membuktikan     opini  masyarakat apakah    benar,   motor   Sanex   tidak   handal.   Metode    yang   digunakan    angket,    observasi. dokumentasi,      studi    pus taka    dan    wawancara.     !vietode    analisis     butir    angket    yang digunakan     adalah    validitas    dan   reliabilitas.    Analisis    kepuasan    dengan    menggunakan skala   guttman,    yaitu   metode   scalogram    atau  analisa   skala   (scale  analisis)   sangat    baik untuk   meyakinkan    peneliti    tentang   kesatuan   dimensi   dari  sikap   atau  sifat  yang   diteliti, yang  disebut   isi universal    (universe   ofcontent)    atau  atribut  universal   (universe   attribute). Berdasarkan    hasil  penelitian    dari  J 5 butir  angket   dan  37  responden    (populasi),    obyek  di kecamatan    Juwiring    Klaten,   bahwa  dinyatakan    J 3 butir  valid  dan  reliabel. Berdasarkan analisis    atribut   yang   dianggap    penting    oleh  para    responden    sesuai   prioritas     adalah kelengkapan    produk    8.05%,   kenyamanan     7.74%,   daya   tahan   7.14%.  akselerasi     7.35%. responsivitas     7.91%,  performa    produk 7.98%.      design  produk 7.42%.     speare  paris   7.14%, harga   beli  8.68%.   harga  puma   jual   7.35%.  mengikuti    ternd   7.63%.   wama    7.28%.     dan iril bahan   bakar  8.33%.   Terdapat   5 atribut  yang  masuk  dalam  kategori   sikap  sangat  puas yaitu   kelengkapan    produk,    responsivitas,    performa   produk, harga   beli,  irit  bahan   bakar. Sedangkan    untuk  atribut   yang   masuk   da/am  kategori   sikap  puas   ada  delapan   ( 8 ) yaitu kenyamanan,     daya   tahan,   akselerasi,    design   produk,    speare   parts,    harga   puma    jual, mengikuti     trend   dan   warna.   Dari   hasil   penelitian     tentang    sikap   kepuasan    pengguna motor   Sanex   di  daerah   Juwiring    Klaten   dapat   ditarik   kesimpulan     bahwa  persepsi    a/au opini   masyarakat     bahwa   motor   Sanex   tidak  handal   tidak   terbukti,   dalam   artian   bahwa motor  Sanex  mempunyai    beberapa   kelebihan   dan  mempunyai    beberapa   kekurangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2004 2004


Filter By Issues
All Issue Vol. 22, No. 1, June 2023 Vol. 21, No. 2, December 2022 Vol. 21, No. 1, June 2022 Vol. 20, No. 2, December 2021 Vol. 20, No. 1, June 2021 Vol. 19, No. 02, December 2020 Vol. 19, No. 1, June 2020 Vol. 18, No. 2, Desember 2019 Vol. 18, No. 1, Juni 2019 Vol. 18, No. 1, Juni 2019 Vol. 17, No. 2, Desember 2018 Vol. 17, No. 2, Desember 2018 Vol. 17, No. 1, Juni 2018 Vol. 17, No. 1, Juni 2018 Vol. 16, No. 2, Desember 2017 Vol. 16, No. 2, Desember 2017 Vol. 16, No. 1, Juni 2017 Vol. 16, No. 1, Juni 2017 Vol. 15, No. 2, Desember 2016 Vol. 15, No. 2, Desember 2016 Vol. 15, No. 1, Juni 2016 Vol. 15, No. 1, Juni 2016 Vol. 14, No. 2, Desember 2015 Vol. 14, No. 2, Desember 2015 Vol. 14, No. 1, Juni 2015 Vol. 14, No. 1, Juni 2015 Vol. 13, No.2, Desember 2014 Vol. 13, No.2, Desember 2014 Vol. 13, No. 1, Juni 2014 Vol. 13, No. 1, Juni 2014 Vol. 12, No. 2, Desember 2013 Vol. 12, No. 2, Desember 2013 Vol. 12, No. 1, Juni 2013 Vol. 12, No. 1, Juni 2013 Vol. 11, No. 2, Desember 2012 Vol. 11, No. 2, Desember 2012 Vol. 11, No. 1, Juni 2012 Vol. 11, No. 1, Juni 2012 Vol. 10, No. 2, Desember 2011 Vol. 10, No. 2, Desember 2011 Vol. 10, No. 1, Juni 2011 Vol. 10, No. 1, Juni 2011 Vol. 6, No. 2, Desember 2007 Vol. 6, No. 2, Desember 2007 Vol. 6, No. 1, Agustus 2007 Vol. 6, No. 1, Agustus 2007 Vol. 5, No. 3, April 2007 Vol. 5, No. 3, April 2007 Vol. 5, No. 2, Desember 2006 Vol. 5, No. 2, Desember 2006 Vol. 5, No. 1, Agustus 2006 Vol. 5, No. 1, Agustus 2006 Vol. 4, No. 3, April 2006 Vol. 4, No. 3, April 2006 Vol. 4, No. 2, Desember 2005 Vol. 4, No. 2, Desember 2005 Vol. 4, No.1, Agustus 2005 Vol. 4, No.1, Agustus 2005 Vol. 3, No. 2, Desember 2004 Vol. 3, No. 2, Desember 2004 Vol. 3, No. 1, Agustus 2004 Vol. 3, No. 1, Agustus 2004 Vol. 2, No. 3, April 2004 Vol. 2, No. 3, April 2004 Vol. 2, No. 2, Desember 2003 Vol. 2, No. 2, Desember 2003 Vol. 1, No. 3, April 2003 Vol. 1, No. 3, April 2003 More Issue